Surat Pembaca

Rumah Makin Mahal, Kebutuhan Papan Makin Tak Terjangkau

blank
Bagikan di media sosialmu

Oleh: Mery Isneini S.Pd

wacana-edukasi.com, SURAT PEMBACA– Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, tentu saja setiap orang pasti ingin memilikinya. Namun apa boleh buat di era saat ini bagi yang berpenghasilan di bawah rata-rata impian untuk memiliki rumah hanya berupa impian saja. Semakin mahalnya harga rumah menjadi salah satu faktor banyak keluarga yang belum memilikinya. Ditambah lagi beban hidup masyarakat saat ini semakin sempit karena mahalnya kebutuhan pokok dan lain-lain. Mirisnya, masih banyak keluarga yang tinggal di pemukiman kumuh yang jauh dari kata layak, yang tentu saja hal ini menjadi keprihatinan kita bersama akan nasib sebagian masyarakat yang belum bisa mempunyai rumah yang nyaman dan sehat yang akan berpengaruh terhadap kualitas hidup mereka.
Dengan kondisi yang jauh dari kata layak mereka yang tinggal di pemukiman yang kumuh akan lebih rentan terhadap penyakit dan kualitas kesehatannya.

Program Rumah Murah Belum Mampu Memenuhi Kebutuhan Rumah Masyarakat

Dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat menengah ke bawah saat ini pemerintah membuat program rumah murah bagi yang membutuhkan ,meskipun ini cukup membantu bagi masyarakat nyatanya program ini masih belum menyelesaikan persoalan rumah di negeri ini. Bahkan rumah murah yang sudah dibangun oleh pemerintah ada beberapa yang terbengkalai dan tak terurus, hal ini menunjukkan pemerintah belum maksimal dalam mengatasi masalah rumah bagi rakyat, terutama masyarakat yang membutuhkan.

Mahalnya Rumah Akibat dari Sistem Kapitalis

Tidak bisa dipungkiri dari tahun ke tahun harga rumah semakin mahal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni harga bahan bangunan yang terus naik , inflasi yang mengakibatkan urs mata uang semakin naik sehingga semakin banyak biaya operasional yang dibutuhkan untuk membangu rumah. Bahan bangunan yang sebagian besar berasal dari sumber daya alam menjadi slah satu faktor nainya biaya operasional rumah. Karena sumber daya alam tersebut meskipun secara geografis berada di wilayah negara kita tetapi kita sebagai pribumi tidak bisa menikmati hasilnya, karena sumber daya alam tersebut dijual oleh rezim atas nama investasi. Miris memang sumber daya alam yang melimpah ini tidak bisa dinikm,ati oleh rakyatnya , rakyat hanya bisa gigit jari.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dengan mempunyai rumah keluarga akan tenang dalam menjalani kehidupannya karena merasa tenang tidak harus dipusingkan dengan membayar kontrakan.Harusnya rumah yang nyaman tersebut pengadaannya dijamin oleh negara dengan harga yang murah dan terjangkau sehingga masyarakat yang benar-benar membutuhkan akan terpenuhi kebutuhan rumahnya dengan baik.Namun di sistem saat ini faktanya pemerintah belum mampu mewujudkannya akibat dari penerapan sistem kapitalis sekuler yang memisahkan agama dengan kehidupan.Maka sistem kapitalis yang diterapkan saat ini sudah terbukti tidak mampu menyelesaikan persolan rumah murah bagi masyarakat.

Berbeda dengan sistem Islam, dalam sistem Islam rumah yang merupakan kebutuhan pokok bagi rakyat. Maka negara akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya karena memang sudah menjadi kewajiban negara untuk memenuhinya. Seorang pemimpin dalam sistem Islam akan senantiasa mengikatkan kepemimpinanya dengan hukum syara’ termasuk melayani rakyat dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi kebutuhan rakyat akan berusaha untuk memenuhinya semata-mata untuk mengharap ridho nya Allah bukan yang lain.
Di dalam sistem Islam negara akan bersungguh sungguh menyediakan rumah yang murah terjangkau nyaman dan sehat bagi rakyatmnya.

Negara Islam yang menerapkan sistem ekonomi islam memiliki sumber pendapatan yang besar yang berasal dari sumber daya alam yang melimpah dan pendapatan yan lainnya yang akan mampu memenuhi kebutuhan rakyat dengan murah,mudah bahkan gratis termasuk rumah.

Sudah saatnya umat sadar bahwa sistem yang saat ini diterapkan bukan berasal dari Islam yaitu sistem berasal dari pemikiran barat yang notaben nya orang kafir dan tak akan pernah bisa menyelesaikan persoalan umat termasuk masalah rumah, semoga umat semakin sadar bahwa penerapan sistem islam secara kaffah adalah kebutuihan yang mendesak untuk segera diterapkan ,karena dengan sistem Islam sistem yang bersumber dari sang khaliq adalah satu-satunya sistem yang mampu mengatasi problematika umat termasuk masalah rumah.

Wallahu a’lam bishawab

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

Views: 16

Comment here